INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Perguruan Tinggi Harus Tingkatkan Riset dan Inovasi


Mei 2nd, 2018 | Posted by: Elin Humas


Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS-Institut Teknololgi Sumatera (ITERA) menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional, Rabu (2/5/2018). Pada upacara tersebut, Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D mengajak seluruh Sivitas Akademika ITERA terutama dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan riset dan inovasi.
“Keharusan perguruan tinggi melaksanakan riset serta inovasi semakin penting dalam situasi sosial yang penuh disrupsi di era sekarang ini, terutama dengan dorongan Revolusi Industri 4.0,” ujar Rektor saat membacakan Sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada Upacara Hardiknas tahun 2018 di ITERA. Upacara ini diikuti seluruh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa ITERA.
Menurut Rektor, revolusi di satu sisi telah mengubah ciri dan cara lama dalam banyak aspek kehidupan, di antaranya dalam bidang pekerjaan dan atau profesi yang akan dimasuki oleh para lulusan dari perguruan tinggi.
Di sisi lain, revolusi ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh pendidikan tinggi. Pelaksanaan pembelajaran, termasuk di dalamnya riset-riset yang dilakukan insan perguruan tinggi harus bisa menjawab kondisi disruptif ini. “Jika tidak, maka proses pendidikan tinggi kita tidak dapat menyentuh kenyataan sosial yang sebenarnya,” jelasnya.
Rektor juga mengimbau seluruh Sivitas Akademika ITERA utuk lebih sensitif terhadap segala perubahan yang terjadi di masyarakat. Perguruan tinggi haruslah peka terhadap tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, karena dengan kepekaan itulah perguruan tinggi dapat secara cepat memberikan rekomendasi serta solusi untuk menjawab segala permasalahan.


Tinggalkan Komentar

 



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)