INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Observatorium Astronomi ITERA Lampung Ditargetkan Menjadi yang Terbaik di Sumatera


Juni 26th, 2018 | Posted by: Elin Humas


Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS-Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan didukung penuh oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan gerak cepat pada pembangunan Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) di Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman, Gunung Betung. Saat ini, Pemprov Lampung sedang menyelesaikan pembukaan jalan akses menuju lokasi pembangunan OAIL sejauh 11,6 Kilometer dan bersiap untuk memulai pembangunan fisik salah satu kawasan penunjang kegiatan OAIL di Gunung Betung.
“Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pemprov Lampung terhadap pembangunan OAIL di Gunung Betung. Dukungan dan komitmen atas pembangunan OAIL ini memang sangat kita butuhkan agar Provinsi Lampung dapat segera memiliki observatorium yang lengkap dengan peralatan yang juga lebih canggih dari Observatorium Boscha,” ujar Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D. pada Konferensi Pers Progress Pembangunan OAIL bersama Gubernur Lampung, Kepala Badan Litbang Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Lampung, dan Kepala UPT OAIL di Kantor Gubernur, Senin (25/6/2018).
Sementara itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, S.Pi, M.Si. mengatakan Pembangunan OAIL akan membawa segudang manfaat untuk Lampung. Dengan menjadi media pengembangan dan penelitian di bidang astronomi serta menjadi sarana wisata edukasi, OAIL akan mengangkat nama Lampung tidak hanya di tingkat nasional tetapi internasional. “Pembangunan OAIL di Gunung Betung merupakan salah satu lokomotif untuk menginternasionalkan Lampung. Saya ingin OAIL menjadi ikon Lampung yang terbaik dan terbagus di Asia Tenggara,” ujar Gubernur.


Tinggalkan Komentar

 



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)