INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Bupati Lampung Tengah Ajak Mahasiswa ITERA untuk Berwirausaha


May 4th, 2017 | Posted by: Elin Humas


1a

ITERA NEWS-Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Mustafa menjadi pembicara pada Studium Generale atau Kuliah Umum di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Kamis (4/5/2017). Pada kegiatan ini, Mustafa mengajak seluruh mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur atau wirausaha sejak dini sehingga setelah lulus nanti dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.
“Pola pikir kebanyakan mahasiswa saat ini adalah setelah lulus kuliah bisa bekerja di perusahaan atau dengan orang lain. Padahal, mahasiswa sebagai agen perubahan dengan segala kemampuan akademiknya berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja,” jelas Mustafa.
Mantan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung itu mencontohkan kalau jiwa wirausaha bisa dimulai sejak masih kuliah. Banyak hal yang bisa dijadikan peluang usaha asalkan kita jeli melihatnya. “Saya nanti bisa juga memfasilitasi jika ada mahasiswa ITERA yang ingin belajar berbisnis dengan tim Kadin Lampung,” jelasnya.
Dengan berwirausaha sejak menjadi mahasiswa, ujar dia, paling tidak kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan tidak lagi membebani orang tua.
Mustafa juga mengimbau seluruh mahasiswa untuk sungguh-sungguh dalam belajar dan mengikuti perkuliahan serta mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa mengasah softskill agar bisa lebih siap menghadapi persaingan dunia usaha maupun dunia kerja selepas lulus kuliah. “Masa depan itu tidak ditentukan nanti setelah lulus tapi sejak sekarang. Mau jadi apa kita nanti ya harus dikejar dari saat ini,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor ITERA Prof., Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng)., Ph.D menyampaikan apresiasi atas kesediaan Bupati Lampung Tengah mengisi kuliah umum di ITERA. Rektor berharap kerja sama antara ITERA dengan Pemkab Lampung Tengah bisa terus terjalin dengan baik, khususnya dalam hal pemberian beasiswa kepada putra daerah yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Kami berhadap ke depannya Pemkab Lampung Tengah juga bisa turut serta membangun dan membesarkan ITERA,” kata Rektor.
Kegiatan Studium Generale tersebut juga diisi dengan pemberian beasiswa secara simbolis kepada 18 mahasiswa asal Lampung Tengah. Bupati juga memberikan hadiah kepada mahasiswa yang berani menyuarakan pendapat dan bertanya pada kegiatan tersebut.


Tinggalkan Komentar

 


Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)